Pengobatan Radang Usus Secara Medis

image

Radang usus merupakan kondisi inflamasi (peradangan) yang dialami usus. Gangguan usus ini terjadi akibat inflamasi di bagian sistem pencernaan. Kondisi ini terjadi karena kesalahan reaksi dari sistem imunitas tubuh terhadap jaringan pencernaan yang sehat dan normal.

Gejala Terjadinya Radang Usus

Radang usus merupakan penyakit jangka panjang dengan gejala yang biasanya datang terlambat dan hanya beberapa saat lalu menghilang. Tingkat parah dari gejala yang ditimbulkan penyakit ini adalah tergantung pada bagian mana saja area yang mengalami peradangan. Secara umum, berikut adalah gejala terjadinya gangguan usus ini:

  • Nyeri dibagian perut
  • Berkurangnya nafsu makan
  • Menurunnya berat badan
  • Diare yang disertai munculnya darah saat BAB dan bersifat sering kambuh
  • Merasakan bahwa tubuh gampang sekali lelah
  • Mengalami mual dan muntah

Biasanya terdapat perbedaan gejala untuk masing-masing orang yang mengalami masalah ini. beberapa diantaranya mungkin mengalami anemia, muntah-muntah hingga demam tinggi. Kondisi tersebut akan menghampiri dalam kurun waktu tertentu.

Penyebab Timbulnya Radang Usus

Sampai saat ini, penyebab terjadinya radang usu ini belum diketahui pasti. Peningkatan resiko seorang terkena radang usus dipicu oleh pola makan dan juga tingkat stress yang dimilikinya, namun semua itu bukanlah penyebab utama pemicu penyakit ini. secara garis besar hanya diketahui jika penyakit radang usus ini disebabkan oleh kesalahan sistem imunitas tubuh dalam mencerna makanan sehingga terjadi inflamasi (peradangan). Namun penyebab kekeliruan atau kesalahan imunitas tadilah yang belum diketahui kejelasannya.

Genetik juga ikut mempengaruhi munculnya radang pada usus. Namun berikut beberapa faktor yang turut serta dalam memicu timbulnya peradangan di usus, seperti usia, keturunan, kebiasaan merokok, tempat tinggal, obat anti inflamasi non streroid, tempat tinggal dan ras.

Pengobatan Terhadap Radang Usus

Memang penyebab pasti dari penyakit ini belum diketahui namun berikut pengobatan yang biasanya diberikan untuk mengatasi radang usus, antara lain:

  • Obat mengatasi radang (anti inflamasi) yang biasanya diberikan pertama kali untuk mengatasi radang usus. Obat ini mempunyai fungsi mengurangi peradangan yang terjadi. Yang biasanya digunakan adalah golongan dari kortiko steroid dan aminosalisilat.
  • Imunosupresan adalah obat yang mempunyai fungsi sebagai penghalang aktivitas imun yang dapat merusak atau membahayakan tubuh. Obat ini juga mampu mengurangi terjadinya inflamasi. Kombinasi obat jenis imunosupresan ini berfungsi baik untuk sebagian orang dari pada hanya mengkonsumsi salah satu jenisnya.
  •  Anti biotik merupakan obat tambahan yang diberikan u8tnuk membantu kerja obat-obatan lain yang mengacu pada perbaikan infeksi tubuh. Antibiotik ini juga berpengaruh mengendalikan infeksi yang terjadi bagi penderita kolitis ulseratif.
  • Obat jenis lainnya. Terdapat jenis obat-obatan lain yang bisa mengatasi gejala munculnya peradangan pada usus ini selain masalah inflamasi. Namun untuk mengkonsumsinya membutuhkan anjuran dan resep dokter.

Jika usaha yang dilakukan agar dapat meringankan gejala radang usus yang terjadi belum bisa mengatasi mungkin Anda harus melakukan tindakan operasi. Tindakan pemberian obat-obatan mungkin tidak akan direspon bagi penderita kolitis ulseratif (radang pada daerah usus besar saja) yang sudah kronis. Hanya dengan melakukan operasi baru bisa mengurangi peradangan yang terjadi dengan mengangkat bagian usus besar yang mengalami inflamasi parah.

Sedangkan bagi penderita Crohn (radang yang menyerang seluruh sistem pencernaan) perlu mengangkat bagian yang telah rusak dan berusaha menyambungkan kembali saluran pencernaan tersebut agar gangguan usus bisa diatasi.

Copyright © 2018 obatherbalalternatif.com · All Rights Reserved
powered by sitekno