Efektifitas Penggunaan Obat Herbal Tradisional di Tanah Air

image

Salah satu warisan nenek moyang yang sempat terlupakan namun saat ini sudah mulai digali dan dikembangkan adalah penggunaan obat herbal tradisional untuk mengatasi berbagai jenis penyakit atau berbagai gangguan kesehatan yang diderita. Berbagai jenis obat herbal tradisional yang diracik menggunakan aneka jenis tumbuhan menjadi obat yang sangat ampuh untuk mengobati penyakit, menjaga kondis tubuh agar tetap sehat dan juga untuk menjaga kecantikan. Jamu adalah salah satu jenis obat tradisional yang sudah banyak dikenal dan juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Obat herbal alternatif tradisional itu sendiri sebenarnya merupakan ramuan bahan-bahan yang berasal dari alam baik berupa tumbuhan atau bisa juga menggunakan bahan dari hewan. Secara umum ada 3 jenis obat tradisional yang saat ini tersedia di tanah air yaitu:

  • Jamu , berupa racikan dari berbagai jenis sari tumbuhan. Jamu merupakan salah satu warisan nenek moyang yang masing-masing racikannya dipercaya mampu memberikan manfaat tersendiri.
  • Obat herbal terstandar . Berbeda dengan jamu, obat herbal terstandar adalah obat yang diramu dari ekstrak tanaman dan atau tumbuhan. Pada umumnya proses pembuatan obat tradisonal yang masuk pada kategori ini telah melibatkan proses dan standar khusus
  • Fitofarmaka atau yang bisa disebut sebagai obat herbal yang sudah teruji secara klinis dan bisa disandingkan dengan obat-obatan modern lainnya. Obat yang masuk dalam kategori ini telah lulus uji klinik dan sudah memiliki berbagai bukti ilmiah untuk menunjang tingkat efektifitasnya.

Penggunaan obat herbal tradisional saat ini sudah mulai digencarkan karena beberapa alasan. Obat tradisional ternyata terbukti cukup efektif untuk menangani berbagai macam keluhan dan penyakit. Tidak hanya itu, obat tradisional juga digadang-gadang tidak memiliki atau sedikit sekali memberikan efek samping kepada penggunanya. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan obat-obatan kimia yang memiliki efek samping yang terkadang bisa sangat mengganggu. Salah satu keunggulan lain dari obat-obatan tradisional adalah harganya yang sangat terjangkau. Bahan-bahan pembuat obat tradisional ini sangat mudah ditemukan di hampir seluruh penjuru tanah air sehingga tidak heran bila popularitasnya semakin meningkat.

Bahan utama pembuatan obat herbal tradisonal saat ini memang lebih banyak didominasi oleh tumbuhan. Bagian dari sebuah tumbuhan yang bisa dipergunakan sebagai bahan pembuatan obat bisa sangat bervariasi mulai dari buah, akar, batang, daun, bunga dan rimpang. Namun, ternyata ada juga beberapa jenis hewan yang dipergunakan sebagai bahan pembuatan obat tradisional. Gamat atau yang sering juga teripang atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai “sea cucumber” atau timun laut ini ternyata juga menjadi salah satu bahan obat tradisional yang sangat efektif. Popularitas gamat sebagai obat tradisional semakin meningkat sehubungan dengan efektifitas gamat untuk mengobati berbagai penyakit mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit yang parah. Penggunaan gamat sebagai obat herbal alternatif menjadi satu pilihan populer saat ini untuk mereka yang ingin sembuh dari penyakit yang diderita dengan cara yang alami.

Obat Herbal Hepatitis
image

Indra G - Rudy

SMS/WA: 082320885758 - 081573301851


Obat herbal alami berasal dari tanaman tradisional dan ekstrak gamat spirulina yang berkhasiat untuk pengobatan alternatif penyakit hepatitis,gangguan fungsi hati,kanker, kista miom,asam urat rematik dan gangguan empedu
Milk Thistle Obat Herbal Hepatitis
Copyright © 2017 obatherbalalternatif.com · All Rights Reserved